Harga Oppo Joy 3 : Ponsel Murah Ram 1GB

Advertisement

Harga Oppo Joy 3 – Oppo kembali merilis smartphone entry level terbarunya dengan seri “Oppo Joy 3”. Dari namanya sudah terlihat, bahwa smartphone ini merupakan suksesor dari Oppo Joy, dan Joy Plus yang terlebih dahulu dirilis di Indonesia. Untuk meningkatkan daya jual smartphone terbarunya, Oppo melakukan perubahan signifikan pada spesifikasi layar, hardware, dan sektor kamera smartphone ini. Namun sobat hariangadget jangan terlalu berhara performanya mampu mengimbangi smartphone entry level dari Lenovo ataupun Xiaomi, pasalnya Oppo masih mengandalkan processor berteknologi 32 Bit sebagai dapur pacunya.

Selain itu Oppo juga belum berani memberikan teknologi 4G pada Oppo Joy 3, padahal vendor lain sudah mulai merilis smartphone murah dengan teknologi 4G. Kekurangan inilah yang sobat dapatkan apabila membeli smartphone ini. Dibalik kelemahan tersebut, Oppo menawarkan desain premium menggunakan rangka berbahan metal. Sementara untuk ukuran layarnya ditingkatkan agar semakin nyaman saat sobat bermain game dan menonton film. Bagi sobat yang penasaran bagaimana spesifikasi lengkap Oppo Joy 3, silahkan simak review yang kami rangkum dibawah ini.

Spesifikasi Dan Harga Oppo Joy 3

Spesifikasi Dan Harga Oppo Joy 3

Spesifikasi Dan Harga Oppo Joy 3

 Desain Dan Layar
Dimensi / Berat 132.8 x 66.6 x 9 mm / 135 g
Jenis Layar IPS capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran Layar 4.5 inches, 480 x 854 pixels (~218 ppi pixel density)
Pelindung Layar

Peningkatan layar dari 4 inci menjadi 4.5 inci, rupanya tak diimbangi dengan peningkatkan resolusi. Oppo masih mengandalkan resolusi 480 x 854 pixel pada panel IPS Oppo Joy 3, sehingga kerapatan pixelnya menjadi sebesar -218 ppi, atau bisa dikatakan masih dibawah layar 4 inci milik Oppo Joy Plus yang memiliki kepadatan mencapai -233 ppi. Walaupun lebih nyaman saat digunakan menonton film dan bermain game karena ukurannya lebih besar, akan tetapi ketajamannya akan jauh berkurang.

Advertisement

Menariknya, Oppo Joy 3 menggunakan rangka berbahan metal yang membuatnya semakin kuat dan terlihat lebih elegan. Selain itu, bentuknya juga lebih ramping dengan ketebalan 9 mm, dan bobot sekitar 135 gram. Melihat perubahan tersebut, kemungkinan harga Oppo Joy 3 akan dibanderol jauh lebih mahal dari Oppo Joy Plus, pasalnya dari segi desain terlihat bahwa Oppo ingin memposisikan Joy 3 diatas Joy Plus. Sementara untuk warnanya, tersedia 2 pilihan warna yaitu putih, dan warna abu-abu.

Performa Software Dan Hardware
Memory Internal 4 GB
Memory Ekternal microSD, up to 32 GB
Operating System Android OS, v4.4 (KitKat)
Ram 1 GB RAM
Chipset Mediatek MT6732
Processor Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7
Pengolahan Grafis Mali-400MP2
Kapasitas Baterai Li-Po 2000 mAh

Sektor hardware mengalami peningkatan cukup signifikan, dengan penggunaan Chipset Mediatek MT6732 yang dipadukan sebuah processor berkecepatan Quad Core 1.3 Ghz Cortex A7. Seperti yang kami sampaikan diatas, processor tersebut masih mengadopsi arsitektur 32 Bit, namun sudah lebih baik dibandingkan processor Oppo Joy Plus yang memiliki kecepatan Dual Core. Kemudian untuk sektor memori, ponsel ini didukung memori internal sebesar 4 GB. Yah, cukup disayangkan kapasitas memori internalnya tak mengalami peningkatkan, jadi sobat harus menambahkan microSD dengan kapasitas 32 GB agar tidak kehabisan memori internal.

Untungnya, Oppo tetap memberikan Ram sebesar 1 GB yang dipadukan sistem operasi Android Kitkat, sehingga mampu meningkatkan performa dan kinerja multitasking Oppo Joy 3. Selain itu, smartphone ini juga dibekali pengolahan grafis Mali-400 mp2 yang meningkatkan kinerja grafis saat menjalankan game dan memutar video beresolusi tinggi. Sayangnya, pada sektor baterai tergolong kurang maksimal, pasalnya Oppo belum melengkapinya dengan baterai berukuran besar dan masih mengandalkan baterai Li-Po berukuran 2000 mah sebagai sumber daya Oppo Joy 3.

Advertisement

Kemampuan hardware diatas tergolong standard. Namun kemampuan softwarenya patut di acungi jempol, karena Oppo memberikan tampilan user interface ColorOS 2.0 yang memiliki antar muka lebih segar, dan dapat kita ubah sesuka hati. Selain itu, fiturnya juga tergolong lengkap, dengan membawa fitur kontrol gesture yang mempermudah sobat mengoperasikan Oppo Joy 3. Namun fitur paling menarik dari ColorOS 2.0, adalah diberikan aplikasi theme manager yang memungkinan perubahan tampilan icon, lock screen, dan tampilan font.

Kamera Oppo Joy 3

Kamera Smartphone Oppo Joy 3

Kualitas Kamera
Kamera Belakang 5 MP, 2592 х 1944 pixels, autofocus, LED flash
Fitur Geo-tagging, HDR, panorama
Perekam Video 720p@30fps
Kamera Depan 2 MP

Selanjutnya pada sektor kamera, ponsel ini memiliki kamera utama 5 Megapixel, dengan fitur tambahan berupa autofocus, led flash, dan sudah bisa digunakan merekam video berkualitas HD 720p. Harga Oppo Joy 3 sebenarnya sudah memungkinkan penggunaan kamera 8 Megapixel, namun pemakaian kamera 5 Megapixel sudah jauh lebih baik dibandingkan kamera 3.15 MP tanpa autofocus milik Oppo Joy Plus. Kemungkinan kamera Oppo Joy 3 juga dilengkapi teknologi Pure Image 2.0 yang menjadi andalan Oppo pada sektor pemrosesan gambar setiap smartphone yang mereka buat.

Selanjutnya untuk bagian depan, Oppo memberikan kamera selfie dengan lensa 2 Megapixel yang mempermudah sobat berfoto selfie dengan hasil foto cukup tajam dan jernih. Kameranya juga bisa sobat pakai untuk video call lewat aplikasi skype yang biasanya sudah terinstal secara otomatis pada smartphone Oppo. Resolusi kamera ponsel ini memang meningkat, karena sebelumnya Oppo Joy plus yang diibekali kamera berlensa VGA. Jadi sobat jangan heran apabila harga Oppo Joy 3 jauh lebih mahal, pasalnya memiliki kualitas kamera jauh lebih baik.

Advertisement
Spesifikasi Dan Harga Oppo Joy 3

Konektivitas Smartphone Oppo Joy 3

Komunikasi Dan Internet
Jenis Kartu Sim Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Kecepatan Internet HSPA
Wireless Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Transfer Data Bluetooth v4.0, A2DP, microUSB v2.0
Navigasi A-GPS

Apabila harga Oppo Joy 3 dibanderol dibawah 2 Juta Rupiah, sebenarnya sudah memungkinkan penggunaan teknologi 4G LTE, karena sudah banyak smartphone murah yang dibekali koneksi internet super cepat tersebut. Namun sayangnya, ponsel ini masih mengandalkan koneksi 3G sebagai akses internetnya. Untungnya, Oppo tetap memberikan fitur Dual Sim yang akan mempermudah sobat berkomunikasi menggunakan 2 nomer telepon berbeda. Sementara untuk konektivitas yang lain tergolong standard, seperti Wifi dengan fitur Wifi Hotspot, Bluetooth V4.0, dan port MicroUSB 2.0 dengan dukungan teknologi USB-OTG.

Harga Oppo Joy 3

Harga Oppo Joy 3

Harga Oppo Joy 3 Terbaru

Harga Oppo Joy 3 Baru Harga Oppo Joy 3 Bekas
Harga Terbaru : Daftar Harga HP Oppo

Belum ada informasi resmi mengenai harga Oppo Joy 3 di Indonesia, karena ponsel ini baru dirilis resmi di China. Kemungkinan besar harganya tidak akan dibanderol terlalu mahal, sesuai segmen entry level yang dibidik Oppo. Semoga saja nantinya, harganya tetap dibanderol dibawah 2 Juta Rupiah agar sobat hariangadget.com tak akan terlalu keberatan membeli smartphone berkekuatan Quad Core tersebut. Bagaimana, apakah sobat hariangadget tertarik menunggu kedatanga smartphone ini di Indonesia ?, atau lebih memilih membeli smartphone premium dari Oppo yaitu Oppo R7 dan Oppo R7 Plus, yang memiki spesifikasi jauh lebih tinggi ?

Kesimpulan
Kelebihan Oppo Joy 3 Kekurangan Oppo Joy 3
  • Di desain lebih tipis dan menggunakan rangka metal
  • Memiliki kinerja multitasking cukup baik karena menggunakan Ram 1GB dan processor Quad Core 1.3 Ghz
  • Mendukung USB OTG
  • Harga Oppo Joy 3 sepertinya akan cukup murah
  • Dual Sim
  • Kapasitas bateari sangat kecil hanya 2000 mah
  • Hanya dibekali memori internal 4 GB
  • Masih menggunakan processor 32 Bit
  • Belum didukung teknologi 4G LTE
  • Kualitas kameranya tergolong standard dan belum menggunakan kamera belakang 8 Megapixel

Tabel diatas merupakan kesimpulan hariangadget.com terkati kelebihan dan kekurangan smartphone Oppo Joy 3. HP Android ini memang memiliki banyak kekurangan, pasalnya harga Oppo Joy 3 dibanderol untuk segmen entry level. Nah sekarang tinggal sobat hariangadget.com yang memutuskan apakah mau membeli smartphone ini, atau lebih memilih membeli smartphone entry level yang telah dilengkapi teknologi processor 64 Bit dan kemampuan mengakses jaringan 4G LTE.

Advertisement
Advertisement