Harga Oppo Joy Plus : Spesifikasi Android Kitkat Ram 1GB

Harga Oppo Joy Plus – Tak ingin kalah dari Xiaomi dan Lenovo yang merilis smartphone murah dengan kisaran harga dibawah 2 Juta Rupiah, Oppo juga ikut merilis smartphone terbarunya yaitu Oppo Joy Plus. Harga murah menjadi bekal utama Joy Plus untuk bersaing melawan smartphone lain dikelas low entry, namun sayangnya spesifikasi hardwarenya tergolong rendah karena masih menggunakan processor Dual Core, dan belum didukung kamera beresolusi besar.

Walaupun memiliki banyak keterbatasan dan kekurangan, smartphone ini tetap layak dijadikan alternatif smartphone murah di Indonesia. Kualitas produk yang baik dan pemakian fitur-fitur canggih, merupakan jaminan apabila anda membeli smartphone buatan Oppo, sehingga tak salah apabila Oppo memiliki market share cukup besar di Indonesia. Bagi sobat yang tertarik membeli smartphone ini, yuk simak terlebih dahulu review handphone Oppo Joy Plus berikut ini.

Spesifikasi Dan Harga Oppo Joy Plus

Review Oppo Joy Plus

Review Oppo Joy Plus

1. Desain & Layar

Dimensi / Berat 124 x 63 x 9.9 mm / 125 g
Jenis Layar IPS touchscreen, 16 Juta Warna
Ukuran Layar 4.0 inches, 480 x 800 pixels (~233 ppi pixel density)
Pelindung Layar
Warna White, Blue

Oppo menyediakan 2 pilihan warna Oppo Joy Plus yaitu putih dan biru. Kedua warna tersebut sama-sama dibalut body plastik dengan dimensi pajang 124 mm, lebar 63 mm, dan ketebalan 9.9 mm. Sementara untuk beratnya sekitar 125 Gram sehingga tetap nyaman digunakan walaupun dengan satu tangan. Selain itu, ukuran layarnya juga tak terlalu besar yaitu berukuran 4 inci dengan layar berteknologi IPS yang memiliki 16 Juta Warna, dan kerapatan pixel sebesar -233 ppi.

Resolusinya layarnya terasa kurang saat kita membuka foto ataupun video beresolusi besar, namun tak perlu khawatir karena layarnya tetap tajam dan memiliki sudut pandang yang luas berkat pemakaian teknologi IPS Display. Oppo juga menjanjikan layar Joy Plus tetap responsif walaupun dioperasikan dengan sarung tangan. Walaupun sudah dilengkapi teknologi Glove Mode, namun Oppo tak menyediakan lapisan Gorilla Glass atau pelindung kaca yang lain, sehingga layarnya rawan tergores.

2. Performa Software Dan Hardware

Advertisement

Memory Internal 4 GB
Memory Ekternal MicroSD, up to 32GB
Operating System ColorOS 2.0 UI / Android OS, v4.4 (KitKat)
Ram 1 GB
Chipset Mediatek MT6572
Processor Dual-core 1.3 GHz
Pengolahan Grafis Mali-400
Kapasitas Baterai Li-Ion 1700 mAh

Beralih ke sektor performa, Oppo meningkatkan kapasitas Ram 512 mb pada Oppo Joy generasi pertama menjadi Ram 1GB pada Oppo Joy Plus. Sayangnya peningkatkan Ram tak diimbangi dengan peningkatkan processor, karena masih mengandalkan processor Dual Core 1.3 Ghz dengan chipset Mediatek MT6572. Kemudian untuk segi pengolahan grafisnya, menggunakan GPU Mali 400 yang mampu menjadikan kualitas grafis lebih detail, dan tampilan warna lebih tajam saat bermain game atau memutar video.

Melihat spesifikasi hardware diatas, tentu tak pantas apabila harga Oppo Joy Plus dibanderol terlalu mahal. Terlebih hanya disediakan memory internal sebesar 4 GB sebagai media penyimpanan data dan file. Untungnya, Oppo tetap menyediakan slot memory ekternal microSD dengan kapasitas maksimum 32 GB, sehingga bisa mengantisipasi habisnya memory internal saat pengguna Joy Plus menginstal banyak aplikasi dan game. Kemudian untuk sistem operasinya menggunakan Android Kitkat dengan tampilan antar muka Color OS.

Sistem operasi Color OS 2.0 diklaim memiliki 20 Juta user aktif diseluruh dunia, dengan menawarkan tampilan antar muka lebih baik, dan penambahan fitur gesture yang mempercepat pengoperasian Smartphone Oppo. Selain itu Color OS 2.0 juga didukung aplikasi thema manager yang mampu merubah tampilan antar muka, dan fitur security yang meningkatkan privacy dan keamanan smartphone Android karena sudah terintegrasi dengan Anti Virus bawaan smartphone Oppo.

Selanjutnya untuk urusan daya tahan baterai, Oppo Joy Plus mengandalkan baterai Li-Ion berukuran 1700 mah. Kapasitas baterai kecil menjadi kekurangan smartphone ini, akan tetapi tetak bisa diakali dengan menggunakan powerbank, ataupun nantinya membeli baterai candangan karena baterai tersebut bisa kita copot. Harga Oppo Joy yang dibanderol murah, terbukti membuatnya memiliki spesifikasi hardware yang rendah, namun apabila diukur dari kualitas produknya kami cukup yakin akan kualitas yang dibawanya.

3. Kumunikasi Dan Internet

Konektivitas Oppo Joy Plus

Konektivitas Joy Plus

Jenis Kartu Sim Dual SIM
Kecepatan Internet HSPA
Wireless Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA, hotspot
Transfer Data Bluetooth v4.0, A2DP, microUSB v2.0
Navigasi A-GPS

Disaat vendor lain berlomba-lomba membuat smartphone murah dengan teknologi 4G LTE, Oppo hanya membakali smartphonenya dengan teknologi akses internet 3G HSDPA. Untungnya ponsel ini dilengkapi konektivitas Dual Sim, sehingga urusan komunikasi tetap bisa berjalan dengan lancar. Sedangkan untuk konektivitas nirkabelnya, sudah ada Wifi berteknologi Wi-Fi 802.11 b/g/n, yang dibekali sertifikat DLNA, dan fitur Wi-Fi hotspot.

Tak ketinggalan Bluetooth V4.0 dan port microUSB 2.0 juga diberikan sebagai fasilitas transfer data dan file. Kemudian untuk urusan navigasinya, disediakan teknologi A-GPS dan belum membawa teknologi Gloass ataupun Beidou yang menjadi trends teknologi navigasi GPS saat ini. Lagi-lagi harga Oppo Joy Plus menjadi faktor utama mengapa Oppo enggan memberikan teknologi terbaik pada ponsel murahnya, masih tertarik membelinya ?

4. Kualitas Kamera

Kamera Oppo Joy Plus

Kamera Joy Plus

Kamera Belakang 3.15 MP, 2048 x 1536 pixels, LED flash
Fitur Geo-tagging
Perekam Video 720p@30fps
Kamera Depan VGA

Beralih ke sektor kamera, Oppo memberikan kamera utama berlensa 3.15 Megapixel dengan fitur LED Flash, dan Geo-tagging. Resolusi kameranya tergolong sangat rendah untuk smartphone beharga 1 Jutaan, karena rata-rata smartphone dikelas ini minimal dibekali kamera 5 Megapixel. Untuk menutupi kelemahan tersebut, Oppo memberikan fitur Beauty 3.0 yang secara otomatis mampu meningkatkan kualitas foto selfie, agar terlihat lebih mulus dan cantik.

Kabarnya kamera tersebut mampu merekam video beresolusi HD 720 pixel, dengan kualitas cukup jernih dan bersih dari noise. Salah satu kelemahan smartphone Android Oppo Joy Plus juga kita jumpai pada sektor ini, karena Oppo hanya menyediakan kamera depan berlensa VGA atau 0.3 Megapixel, sehingga kurang maksimal saat pengguna Joy Plus melakukan aktifitas foto selfie dimalam hari, dan digunakan video call pada rungan gelap.

5. Harga Oppo Joy Plus

Harga Oppo Joy Plus

Harga Oppo Joy Plus

Harga Oppo Joy Plus Baru Rp. 1.499.000
Harga Oppo Joy Plus Bekas
Harga Oppo Joy Plus Terbaru Cek Di Sini

Baca Juga : Harga Oppo Neo 5 Terbaru Dengan Spesifikasi Kamera 8 MP

Seperti yang anda lihat pada tabel diatas, Harga Oppo Joy Plus di Indonesia dibanderol sebesar 1.5 Juta Rupiah. Menurut kami, harga tersebut tergolong overpriced karena untuk kisaran harga tersebut seharunya kita mendapatkan smartphone berteknologi LTE dengan kamera beresolusi minimum 5 Megapixel, dan processor berkecepatan Quad Core 64 Bit seperti yang dijumpai pada Lenovo A6000 ataupun Xiaomi Redmi 2. Bagaimana sobat, masih tertarik membeli smartphone ini setelah mengetahui spesfikasi dan harga Oppo Joy Plus ?. Selanjutnya mari kita simak kesimpulan mengenai kelebihan dan kekurangan hp Android Oppo Joy Plus tersebut.

6. Kesimpulan

Oppo Joy Plus

Oppo Joy Plus

 Kelebihan Oppo Joy Plus  Kekurangan Oppo Joy Plus
  • Sudah menggunakan sistem operasi Android Kitkat dengan user interface Color OS 2.0
  • Kapasitas Ram sebesar 1 GB
  • Dilengkapi fitur Glove Mode agar layar tetap responsif saat dioperasikan dengan sarung tangan
  • Memiliki fitur beauty 3.0 untuk memaksimalkan foto selfie
  • Mendukung Dual Sim
  • Harga Oppo Joy Plus terlalu mahal
  • Masih menggunakan processor Dual Core
  • Layarnya memiliki resolusi sangat kecil, dan belum dilengkapi pelindung
  • Kapasitas baterai kecil hanya 1700 mah
  • Belum dilengapi teknologi LTE
  • Resolusi kamera depan hanya VGA

Harga Oppo Joy Plus yang terasa overpriced tak akan terlalu berpengaruh terhadap penjualan ponsel ini. Hal tersebut dikarenakan Oppo memiliki kekuatan marketing sama besarnya dengan Samsung, dan mereka tak segan-segan mengkampanyekan produknya di media massa dan elektronik agar pengguna smartphone di Indonesia tertarik membeli Smartphone Joy Plus. Sekarang tinggal anda yang menentukan akan membeli ponsel ini atau tidak, setelah menyimak informasi Spesifikasi Dan Harga Oppo Joy Plus yang dirangkum redaksi hariangadget kali ini

Advertisement
Advertisement