Harga Samsung Galaxy A3 (2016) dan Ulasan Spesifikasi

Harga Samsung Galaxy A3 (2016) – Bagi sobat hariangadget.com yang tak suka memakai smartphone berlayar besar, wajib menjadikan Samsung Galaxy A3 2016 Edition sebagai salah satu alternatif terbaik. Pasalnya, smartphone ini hadir dengan membawa layar 4.7 inci yang terasa ideal untuk pengoperasian satu tangan. Terlebih desainnya lumayan tipis dan memiliki bobot ringan, sehingga semakin nyaman ketika sobat pakai untuk mengetik sms ataupun chating. Tidak hanya itu saja, Galaxy A3 (2013) juga dilengkapi bodi metal berlapis kaca.

Advertisement

Yah, sama seperti Samsung Galaxy A5 (2016) yang kami informasikan sebelumnya, smartphone ini mengadopsi desain lebih premium dibandingkan Galaxy A3 generasi pertama. Pasalnya Samsung menambahkan material kaca pada cover belakang, dan dibungkus frame berbahan alumunium alloy. Pemakaian kedua material tersebut sayangnya membuat harga Samsung Galaxy A3 (2016) dibanderol jauh lebih mahal dibandingkan generasi pertama. Bahkan informasi yang kami dapatkan, memperlihatkan adanya selisih harga mencapai 1 Juta lebih.

Walaupun begitu, uang yang sobat keluarkan untuk membeli smartphone ini tak akan sia-sia, karena spesifikasi Samsung Galaxy A3 (2016) terbukti mengalami peningkatan signifikan. Pasalnya didalamnya sudah ada processor Quad Core 64 Bit yang dipadukan Ram berkapasias lebih besar. Otomatis performa smartphone ini semakin powerfull, dan bisa sobat andalkan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan hiburan sehari-hari. Nah untuk urusan komunikasi, sudah disediakan fitur Dual Sim dan kemampuan untuk mengakses internet pada jaringan 4G LTE.

Samsung tidak hanya meningkatkan kekuatan dapur pacu, serta mempercantik desain Galaxy A3 2016 Edition, mereka juga meningkatkan kualitas kamera agar semakin optimal ketika dipakai mengabadikan dalam bentuk video maupun foto, jadi wajar apabila harga Samsung Galaxy A3 2016 Edition dibanderol lebih mahal. Nah yang penasaran ingin mengetahui harga smartphone berlayar 4.7 inci ini, silahkan sobat hariangadget.com menyimak ulasan kami mengenai Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A3 (2016) yang kami rangkum dibawah ini.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A3 (2016)

Samsung Galaxy A3 (2016)

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A3 (2016)

Spesifikasi Samsung Galaxy A3 (2016) Edition

Ukuran
  • Dimensi : 134.5 x 65.2 x 7.3 mm
  • Berat : 132 g
Tipe Layar
  • Tipe : Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Resolusi : 4.7  inches, 720 x 1280 pixels (~312 ppi pixel density)
  • Fitur : Corning Gorilla Glass 4 (Belum Dikonfirmasi)
Memori
  • Internal : 16 GB
  • Eksternal : microSD, up to 128 GB
  • Ram : 1.5 GB
Software
  • OS : Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
  • UI : Samsung Touch Wiz
Hardware
  • Chipset : Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
  • Processor : Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53
  • GPU : Adreno 306
Konektivitas
  • Sim Card : Dual Sim
  • Internet : HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • GPS : A-GPS, GLONASS/ BDS
  • Bluetooth : v4.1, A2DP, EDR, LE
  • Wifi : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, WiFi Direct, hotspot
  • USB : microUSB v2.0, USB Host
  • NFC
Kamera Belakang
  • Resolusi : 13 Megapixel (4128 x 3096 pixels)
  • Fitur : autofocus, LED flash, Aperture F/1.9, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
  • Video :[email protected]
Kamera Depan
  • Resolusi : 5 Megapixel (2560 x 1920 pixels)
  • Fitur : Aperture F/1.9
  • Video :[email protected]
Baterai
  • Kapasitas : Non-removable Li-Ion 2300 mAh
  • Fitur : –
Fitur Andalan
  • Sensor : Accelerometer, Proximity, Geomagnetic, RGB Light, Hall
  • Warna : Gold, Black, Pink, White
  • Material : Frame Metal + Cover Belakang Kaca

Review Samsung Galaxy A3 (2016) Edition

Cover Belakang Galaxy A3 (2016)

Cover Belakang Galaxy A3 (2016)

Desain Lebih Keren dan Stylish

Advertisement

Spesfikasi Samsung Galaxy A3 (2016) tidak bisa sobat anggap remeh, terutama pada segi desain. Pasalnya smartphone ini memiliki desain premium dengan bodi berbahan alumunium alloy yang memiliki rasio dimensi berukuran panjang 134.5 mm, lebar 64.2 mm, dan ketebalan bodi 7.3 mm. Yah, bentuknya terkesan sangat tipis sehingga berat keseluruhannya hanya 132 gram. Inilah yang menjadi kelebihan smartphone ini, karena Samsung membuatnya dengan desain yang mudah dioperasikan dengan satu tangan ketika sobat memakainya untuk sms ataupun chating.

Selain ukuran yang tipis, smartphone ini juga memiliki frame metal yang dibuat secara khusus dengan lekukan di sisi samping, agar memberikan grip yang baik ketika dipegang. Selain itu, pada bagian samping juga ditempatkan tombol volume, dan tombol power. Mengingat Samsung Galaxy A3 2016 Edition memiliki konstruksi unibodi, maka slot kartu sim, dan microSD ditempatkan pada sisi bagian samping. Kemudian di sisi bagian belakang, memiliki lapisan kaca yang membuat tampilan luar Galaxy A3 (2016) tampak semakin premium.

Ukuran dan Resolusi Layar Lebih Besar 

Apabila Samsung Galaxy A3 generasi pertama mengadopsi layar Super Amoled berukuran 4.5 inci dengan resolusi qHD (540 X 960 pixels), maka untuk generasi kedua telah mengadopsi layar Super Amoled berukuran 4.7 inci. Selain itu, Samsung juga meningkatkan resolusi layar dengan memakai panel Super Amoled beresolusi HD (720 x 1280 pixels), sehingga otomatis ketajaman layarnya semakin meningkat, karena kerapatan layarnya mencapai 312 pixel per inci.

Advertisement

Pemakaian layar Super Amoled yang dipadukan resolusi HD 720p, membuat setiap inci gambar dan video terlihat lebih detail, sehingga sobat bisa menikmati konten multimedia secara maksimal. Kemudian untuk sistem proteksi layarnya, kabarnya Samsung Galaxy A3 2016 Edition memakai lapisan anti gores bertipe Corning Gorilla Glass 4 yang sebelumnya juga dipakai Galaxy A3 generasi pertama, jadi sobat hariangadget tak perlu khawatir layar smartphone ini akan mudah tegores oleh benda tajam.

Dapur Pacu Semakin Powerfull

Sebanding dengan harga Samsung Galaxy A3 (2016) yang dibanderol cukup mahal, sobat hariangadget.com akan mendapatkan dapur pacu powerfull yang menjamin setiap aplikasi dan game bisa berjalan mulus pada smartphone ini. Pasalnya Samsung telah memberikan Ram berkapasitas 1.5GB yang dipadukan dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, serta GPU Adreno 306. Asal sobat ketahui, Ram yang dibawa ponsel ini berukuran lebih besar dan memiliki processor dengan clock speed lebih tinggi dibandingkan dengan Galaxy A3 generasi pertama.

Apabila Galaxy A3 generasi pertama dibekali Ram 1GB serta CPU Quad Core 1.2 Ghz. Maka untuk generasi kedua, sudah ada Ram 1.5GB yang dipadukan processor Quad Core 1.5 Ghz Cortex-A53. Sedangkan untuk sektor memori, Samsung tetap mempertahanan memori internal sebesar 16GB, dan didukung memori ekternal dengan daya tampung hingga 128GB. Selain itu, didalam Galaxy A3 2016 Edition telah terinstal sistem operasi Android Lollipop 5.1.1 yang membawa segudang fitur untuk menjaga kestabilan dan performa multitasking.

Infografis Spesifikasi Samsung Galaxy A3 (2016)

Infografis Spesifikasi Samsung Galaxy A3 (2016)

Minus Fast Charging dan Fingerprint

Pada artikel sebelumnya mengenai Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A5 (2016), seri tersebut telah dibekali fitur fast charging dan sensor pemindai sidik jari (fingerprint sensor). Sayangnya kedua fitur tersebut tidak akan sobat jumpai pada smartphone ini. Padahal harga Samsung Galaxy A3 (2016) sama-sama dibanderol sangat mahal, namun sepertinya Samsung ingin membuat perbedaan antara seri Galaxy A3 (2016) dengan seri Galaxy A5 (2016) yang notabennya dibanderol jauh lebih mahal, yakni mampu menembus harga diatas 5 Juta Rupiah.

Selain hadir tanpa membawa teknologi fast charging, kami juga menjumpai kekurangan Samsung Galaxy A3 (2016) pada sektor baterai. Pasalnya smartphone ini hanya dibekali bateari berkapasitas 2.300 mAh yang tidak bisa sobat lepas. Kapasitas baterai tersebut terasa sangat kecil, dan pastinya akan sangat boros ketika sobat pakai bermain game dalam waktu lama, serta browsing internet memakai jaringan 4G LTE. Lalu bagaimana dengan konektivitas lainnya ?, mari kita simak dibawah ini.

Support 4G LTE dan Dual Sim

Inilah salah satu faktor yang membuat harga Samsung Galaxy A3 (2016) menjadi lebih mahal dibandingkan Galaxy A3 generasi pertama. Seperti yang kita ketahui bersama, untuk seri Galaxy A3 yang dirilis di Indonesia belum dilengkapi teknologi 4G LTE. Namun untuk seri ini, sobat bisa mengakses internet melakui jaringan 4G LTE dengan kecepatan mencapai 150 mbps, dan jaringan 3G HSPA sebagai altenatifnya. Selain itu, disediakan pula teknologi NFC untuk mempermudah pairing ke perangkat lain yang mendukung NFC.

Konektivitas nirkabel smartphone ini, semakin lengkap dengan hadirnya teknologi Wi-Fi 802.11 b/g/n yang didalmya disediakan fitur Wi-Fi Direct serta Wi-Fi Hotspot. Kemudian untuk urusan pengiriman file, sudah disediakan Bluetooth versi 4.1 dan port microUSB 2.0. Sementara bagi sobat yang suka traveling dan membutuhkan perangkat navigasi, sobat bisa mengadalkan GPS berteknologi A-GPS dan Glonass yang terpendam sebagai sistem navigasi Samsung Galaxy A3 2016 Edition.

Kamera Canggih Dengan Aperture F/1.9

Beralih kebagian kamera, dimana pada bagian kamera belakang sudah disediakan sensor BSI (backside ilumination) dengan aperture F/1.9 dan lensa beresolusi 13 Megapixel. Sayangnya kamera tersebut belum dilengkapi OIS layaknya milik Galaxy A5 (2016). Tentunya hal ini membuat sobat hariangadget cukup kecewa, mengingat harga Samsung Galaxy A3 (2016) juga dibanderol sangat mahal. Namun kekecewaaan sobat tak perlu berlarut-larut, karena masih ada fitur autofocus dan led flash yang mengoptimalkan hasil jepretan dan rekaman video smartphone ini.

Lebih asyiknya lagi, kamera bagian depan juga dilengkapi aperture berukuran f/1.9, sehingga membuatnya semakin optimal ketika sobat pakai berfoto selfei. Terlebih resolusi kamerannya sudah 5 Megapixel atau setara 2592 X 1944 pixels, jadi otomatis hasil foto selfienya akan terlihat cukup tajam dan jernih. Nah itulah beragam kelebihan spesifikasi Galaxy A3 2016 Edition, tentunya setelah melihat spesifikasi diatas, sobat penasaran ingin mengetahui berapa sebenarnya harga Samsung Galaxy A3 (2016) ?

Harga Samsung Galaxy A3 (2016)

Harga Samsung Galaxy A3 (2016)

Harga Samsung Galaxy A3 (2016) Terbaru 

Harga Samsung A3 (2016) Baru Harga Samsung A3 (2016) Bekas
Rp. 3.999.000 (Harga Resmi)
Harga Terbaru : Daftar Harga HP Samsung

Harga Samsung Galaxy A3 (2016) yang kami lansir dari sammobile.com adalah sebesar 329 Euro, atau apabila kita ubah dalam bentuk rupiah, maka harga Samsung Galaxy A3 (2016) sekitar 4.8 Juta Rupiah. Harga tersebut masih bisa berubah saat smartphone ini dirilis di Indonesia, namun sobat hariangadget harus bersabar apabila tertarik membelinya. Pasalnya Samsung akan terlebih dahulu memasarkan Galaxy A3 2016 Edition di pasar negeri China, dan setelahnya akan dipasarkan ke Wilayah Eropa, baru kemudian akan dipasarkan secara global termasuk ke Indonesia.

Meskipun harga Samsung Galaxy A3 (2016) di Indonesia masih menjadi misteri. Namun jangan terlalu berharap akan mendapatkan Galaxy A3 (2016) dengan harga murah. Pasalnya smartphone ini memiliki spesifikasi jauh lebih tinggi, dan bodi lebih premium dibandingkan Galaxy A3 generasi pertama. Semoga saja kedepannya Samsung membuat kebijakan lain agar smartphone ini bisa dibanderol dengan harga lebih terjangkau, agar masyarkat Indonesia bisa mencicipi berabagai fitur menarik yang ada didalam smartphone berlayar 4.7 inci tersebut.

Samsung Galaxy A3 2016 Pink

Samsung Galaxy A3 2016 Pink

Kelebihan Galaxy A3 (2016) Kekurangan  Galaxy A3 (2016)
  • Desain lebih stylis dengan memakai bodi berbahan alumium alloy, dan cover belakang berlapis kaca
  • Ukuran layarnya lebih besar
  • Didukung dapur pacu lebih powerfull
  • Support NFC
  • Dibekali teknologi 4G LTE dan mendukung Dual Sim
  • Dilengkapi sistem operasi terbaru yaitu Android Lollipop 5.1
  • Harga Samsung Galaxy A3 (2016) dibanderol lebih dari 4 Juta Rupiah
  • Belum dilengkapi fitur fast charging
  • Tidak ada sensor sidik jari
  • Layar masih beresolusi HD 720p
  • Kapitas baterai hanya 2.300 mah

Harga Samsung Galaxy A3 (2016) akan menjadi kendala bagi konsumen yang tertarik membeli smartphone ini. Pasalnya harga Samsung Galaxy A3 (2016) yang dibanderol melebihi 4 Juta Rupiah terkesan sangat mahal untuk sebuah smartphone yang belum dilengkapi fitur fast charging, dan masih memakai layar HD 720p. Untungnya smartphone ini mengadopsi desain premium dengan lapisan metal dan kaca, sehingga mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen yang ingin mendapatkan smartphone premium yang terkesan stylish dan elegan. Lalu bagaimana dengan sobat hariangadget.com, apakah kalian tertarik membelinya ?

Advertisement
Advertisement