Harga Sony Xperia Z5 Dual dan Spesifikasi

Harga Sony Xperia Z5 Dual – Negara Jerman menjadi saksi kelahiran tiga smartphone terbaru dari Sony, yakni Xperia Z5 Premium, Z5 Compact, dan Sony Xperia Z5 Dual. Ketiganya memiliki beragam teknologi canggih yang siap mengantarkan Sony untuk bersaing melawan Samsung yang telah terlebih dahulu memperkenalkan Galaxy Note 5 dan Samsung Galaxy S6. Adu teknologi kedua vendor besar tersebut tak bisa dihindarkan, terutama untuk seri Sony Xperia Z5 Dual yang dipersiapkan untuk mengalahkan dominasi Samsung Galaxy S6 pada segmen pasar smartphone di kelas premium.

Advertisement

Sayangnya kami tak menjumpai adanya perubahan signifikan pada sektor layar Sony Xperia Z5 Dual. Dimana ponsel ini masih mengadopsi layar beresolusi Full HD, atau bisa dikatakan masih dibawah Xperia Z5 Premium yang dilengkapi layar 4K. Sementara untuk urusan teknologi hardware, ponsel ini kembali mengadopsi processor Snapdragon 810 yang dikombinasikan dengan Ram 3GB, jadi peformanya tak akan jauh berbeda dari Sony Xperia Z3+ yang dirilis pada awal tahun ini. Lalu bagaimana dengan sektor kamera, dan berapa sebenarnya harga Sony Xperia Z5 Dual  ?. Untuk mengetahuinya silahkan sobat simak review hariangadget.com berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia Z5 Dual

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia Z5 Dual

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia Z5 Dual

1. Spesifikasi Sony Xperia Z5 Dual

Kartu Sim Dual Sim
Ukuran (P x L x T) 146 x 72 x 7.3 mm
Berat 154 g
Tipe Layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran Layar 5.2 inches, 1080 x 1920 pixels (~428 ppi pixel density) + Scratch-resistant glass, oleophobic coating
Memori Internal 32 GB, Ekternal microSD, up to 200 GB
Ram 3 GB
Sistem Operasi Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
Processor Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810, Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2 GHz Cortex-A57
GPU Adreno 430
Kecepatan Internet HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
Konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Bluetooth v4.1,  Port microUSB v2.0 (MHL 3 TV-out), USB Host, NFC, A-GPS, GLONASS
Kamera Belakang 23 MP, 5520 х 4140 pixels, autofocus, LED flash, Video [email protected], [email protected], [email protected], HDR
Kamera Depan 5.1 MP, 1080p, HDR
Baterai Non-removable Li-Ion 2900 mAh
Fitur Andalan
  •  Fast battery charging: 60% in 30 min (Quick Charge 2.0)
  • IP68 certified – dust proof and water resistant over 1.5 meter and 30 minutes
  • Fingerprint sensor

2. Review Sony Xperia Z5 Dual

Layar Masih Sebatas Full HD, Namun Tetap Tahan Air

Sony memberikan bingka metal yang didesain presisi dengan bentuk body belakang yang halus namun tetap terlihat premium. Menariknya, bagian belakan tersebu tetap memakai lapisan kaca, hanya saja dibuat dengan texture buram agar semakin nyaman dipegang, karena tak licin saat dipegang. Sementara untuk rasio dimensinya memiliki perbandingan, panjang 146 mm, lebar 72 mm, ketebalan 7.3 mm dan berat sekitar 154 gram. Yups, bentunya memang lebih tipis dibandingkan Sony Xperia Z5 Premium sehingga akan terasa lebih nyaman saat sobat operasikan.

Kemudian untuk ukuran layarnya tergolong ideal, dimana Sony memberikan panel IPS berteknologi Triluminos dengan bentang layar seluas 5.2 inchi dan mengadopsi resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels. Layar tersebut sama persi seperti seri Xperia Z3+, karena sama-sama memiliki kerapatan layar sebesar -428 ppi, serta didukung teknologi X-Reality untuk memastikan semua gambar terlihat lebih hidup, dan memiliki warna-warna tajam yang mempesona mata. Sementara untuk pelindung layarnya, memakaia lapisan Scratch-resistant glass, dan oleophobic coating.

Advertisement

Tak perlu khawatir membawa smartphone ini berenang di kolam renang, ataupun mengoperasikannya saat hujan. Pasalny Sony Xperia Z5 Dual telah dibekali sertifikat IP68 yang membuatnya mampu bisa direndam pada kedalam 1.5 meter selama 30 menit. Selain itu, ponsel ini juga memiliki ketahanan terhadap partikel debu. Selain fitur canggih tersebut, Sony juga membekali ponsel terbarunya dengan fitur pemindai sidik jari yang ditempatkan pada tombol power disisi samping Xperia Z5 Dual, jadi sobat jang heran apabila harga Sony Xperia Z5 Dual sangat mahal.

Review Sony Xperia Z5 Dual

Desain Xperia Z5 Dual

Masih Dibekali Ram 3GB dan Snapdragon 810

Seperti yang kami utarakan diatas, Sony tidak merubah komponen hardware smartphone terbarunya, karena masih sama persis dengan Sony Xperia Z3+ atau Xperia Z4. Pasalnya, Sony masih mengandalkan Ram 3GB dan processor Octa Core Qualcomm Snadpragon 810 sebagia otak Sony Xperia Z5 Dual. Walaupun peformanya sudah sangat cepat, namun kapasitas Ram yang diusungnya masih kalah dari smartphone flagship buatan Samsung yang telah mengadopsi Ram 4GB. Untungnya, peforma Chipset Qualcomm Snadpragon 810 dengan processor 8 Inti berkecepatan Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2 GHz Cortex-A57 cukup memuaskan.

Sony Xperia Z5 Dual mampu memenuhi kebutuhan mulitasking, dan mobile gaming dengan kualitas gambar yang halus dan performa grafis lebih detail, berkat pemakaian chipset grafis Adreno 430. Sementara untuk sektor penyimpanan, Sony membekali ponsel terbarunya dengan memori internal 32 GB yang bisa sobat perluas memakai microSD berkapasitas 200 GB. Dilanjutkan pada bagian sistem operasi, sudah ada OS Android Lollipop 5.1.1 dengan tampilan antar muka lebih simple dan memiliki lebih banyak fitur menarik yang siap memanjakan sobat hariangadget dalam memakai Xperia Z5 Dual.

Advertisement

Sebanding dengan harga Sony Xperia Z5 Dual yang mahal, Sony juga membekalinya dengan fitur High Res Audio, yang siap menghasilkan keluaran suara terbaik saat sobat bermain game maupun menonton video. Kemudian untuk masalah daya tahan baterai, ponsel ini didukung baterai Non-removable Li-Ion berdaya 2900 mAh yang diklaim akan bertahama selama 17 jam waktu bicara, dan dapat dipakai mendengarkan musik selama 87 jam. Jadi bisa dikatakan baterainya cukup memuaskan dalam memenuhi kebutuhan multimedia dan berkomunikasi selama satu hari penuh.

Peforma Sony Xperia Z5 Dual

Peforma Xperia Z5 Dual

Dual Sim, Internet Super Cepat 300 mbps

Konektivitas dual sim menjadi andalana Sony Xperia Z5 Dual untuk menarik minat penggila gadget Android di Indonesia. Selain fitur dual sim, ponsel ini juga dibekali teknologi 4G LTE dengan kecepatan akses internet mencapai 300 mbps, jadi tak ada lagi kata lemot apabila sobat membelinya. Tak perlu khawatir apabila tidak mendapatkan jaringan 4G, karena masih ada jaringan 3G HSDPA 42.2 mbps, dan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac berteknologi Dual Band yang memiliki kecepatan 2 kali lipat dibandingkan Wi-Fi pada umumnya.

Sony juga melengkapi ponsel terbarunya dengan konektivitas Bluetooth V4.1 dan fitur NFC yang bisa sobat manfaatkan untuk pairing ke speaker portable maupun smartwatch. Kemudian untuk terhubung ke komputer dan perangkat televisi berlayar besar, sudah ada port microUSB v2.0 (MHL 3 TV-out), dengan dukungan fitur USB Host. Nah bagi sobat hariagadget yang suka berpergian, pastinya akan terbantu dengan hadirnya GPS berteknologi A-GPS, Glonass, dan Beidou yang dipersiapkan sebagai akses navigasi pengguna Xperia Z5 Dual.

Kamera Sony Xperia Z5 Dual

Kamera Xperia Z5 Dual

Kamera Superior Beresolusi 23 Megapixel

Berlanjut pada sisi kamera, sudah ada kamera berkekuatan 23 Megapixel yang siap memanjakan sobat dalam mendapatkan hasil foto berkualitas tinggi. Tentunya kamera bagian belakan tersebu telah dilengkapi sensor canggih, yakni Sony Exmor RS yang selalu menjadi andalan smartphone flagship Sony. Menariknya lagi, kamera Xperia Z5 Dual telah dibekali lensa G-Lens dengan sudut bidik lebar mencapai 24 mm, dan memiliki focus otomatis berteknologi Hybrid yang mampu membidik focus pada kecepatan 0.03 detik. Tak ketinggalan, kemampuan merekam video beresolusi 4K juga dimiliki Xperia Z5 Dual.

Kemampuan kamera Xperia Z5 Dual memang sama persis dengan seri Sony Xperia Z5 Premium dan Z5 Compact, jadi tak perlu diragukan lagi hasil jepretan foto dan rekaman videonya. Menariknya lagi, sobat bisa mengatur ISO foto mencapai 12.800 dan ISO video mencapai 3.200. Untuk mengoptimalkan pengambilan video, Sony juga menambahkan fitur SteadyShot dan lampu kilat LED Flash pada sisi kamera bagian belakang. Fitur StedyShot juga kami jumpai pada kamera depan Xperia Z5 Dual, dimana kekuatan lensanya mencapai 5 Megapixel dan memakai sensor gambar Sony Exmor R dengan lensa Wide Angle 25 mm. Lalu berapa Harga Sony Xperia Z5 Dual tersebut ?

Harga Sony Xperia Z5 Dual

Harga Sony Xperia Z5 Dual

Harga Sony Xperia Z5 Dual Terbaru

Harga Sony Xperia Z5 Dual Baru Harga Sony Xperia Z5 Dual Bekas
£600 atau (Rp 13 jutaan)
Daftar Harga HP Sony Android

Belum diketahui berapa harga Sony Xperia Z5 Dual di Indonesia. Namun informasi yang kami dapatkan dari GSMarena, menyebutkan bahwa Harga Sony Xperia Z5 Dual diwilayah Eropa dibanderol sekitar £600 Pounsterling, atau apabila kita rupiahkan haganya mencapai 13 Juta Rupiah. Harganya memang sangat mahal untuk sebuah smartphone berlayar Full HD dan Ram 3GB. Namun harga tersebut masih saja bisa berubah saat ponsel ini dipasarkan di Indonesia, jadi lebih baik kita tunggu saja kabar pasti dari pihak Sony Indonesia terkait perilisan ponsel flagshipnya di negara kita ini.

Kelebihan Sony Xperia Z5 Dual

 Kekurangan Sony Xperia Z5 Dual

  • Desain Premium dengan frame metal
  • Dapur pacu Octa Core Snapdragon 810
  • Resolusi kamera utama mencapai 23 Megapixel dengan penambahan beragam teknologi canggih
  • Dibekali sensor sidik jari pada tombol powernya
  • Memiliki kemampuan tahan air dan debu
  • Mendukung 4G LTE 300 mbps
  • Dual Sim
  • Harga Sony Xperia Z5 Dual sangat mahal
  • Ram masih 2 GB
  • Layarnya masih bereolusi Full HD
  • Baterainya tak bisa sobat lepas
Baca Juga :  Harga Sony Xperia Z5 Compact, Ponsel Canggih Layar 4.6 Inch

Harga Sony Xperia Z5 Dual memang sangat mahal, namun penambahan teknologi pemindai sidik jari dan peningkatan kualitas kamera, memang patut membuat harganya menjadi sangat mahal. Sayangnya ponsel ini memiliki kekurangan, yakni masih mengadopsi Ram 3GB dan resolusi layarnya masih tergolong kecil untuk smartphone Android berbanderol diatas 10 Juta Rupiah. Semoga saj harga Sony Xperia Z5 Dual di Indonesia bisa dibanderol lebih murah, atau tak berbeda jauh dari Sony Xperia Z3+ yang pertama kali dipasarkan di Indonesia sebesar 9 Jutaan.

Advertisement
Advertisement